ANALISIS MUTU PELAYANAN PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RUMAH SAKIT ADVENT MEDAN

  • Joyce Yulianti Silalahi Peminatan MRS,Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat,Fakultas Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia Medan
  • Arifah Devi Fitriani Institut halvetia Medan
  • Megawati Megawati Institur Halvetia Medan
Keywords: Nurse Service Quality, Satisfaction of Inpatients, mutu pelayanan perawat, kepuasan pasien

Abstract

Nurse services are the most services obtained by inpatients at the hospital and important in providing patient satisfaction. The satisfaction survey for inpatients in 2017 for the period of February to April shows the lowest satisfaction rates for Class III inpatients on nurse services was 71% in April. The purpose of this study was to determine the relationship between the qualities of nurse services to the satisfaction of class III inpatients at Advent Hospital Medan. The design of this study is a quantitative analytical survey with a cross sectional approach. The population of this study was class III inpatients with an average number of 168 people each month. This research used accidental sampling technique as many as 118 people. The results of the chi-square analysis showed that the variable completeness and accuracy of information provided by nurses (p value 0,000), skilled and professional nurse variables (p value 0.019), patient variables were comfortable (p value 0,000) and patient variables avoided danger (p value 0,000) has a relationship to  satisfaction. While the variable decrease in patient anxiety (p value 0.066) and friendly and empathetic nurses (p value 0.085) did not have a relationship to tsatisfaction. The results of multivariate analysis showed that the patient variables avoided danger (p = 0.009; Exp (B) 76,851) and the patient felt comfortable (p = 0.035; Exp (B) 15.308) significantly affected satisfaction.   The conclusion of this study shows that efforts are needed to emphasize the implementation of patient safety while monitoring and evaluating, its implementation and to improve the ability of nurses to perform pain management.

ABSTRAK

     Pelayanan perawat merupakan pelayanan terbanyak yang diperoleh pasien rawat inap dirumah sakit, sehingga  menjadi ujung tombak pelayanan dan  berperan dalam memberikan kepuasan pasien. Survey kepuasan pasien rawat inap tahun 2017 periode bulan Februari sampai April menunjukkan angka kepuasan pasien rawat inap kelas III terendah pada bulan April sebesar 71%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan  mutu pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit Advent Medan . Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif survei analitik dengan pendekatan cross sectional . Populasi penelitian adalah pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit Advent Medan dengan jumlah rata –rata 168 orang setiap bulan , menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 118 orang. Hasil analisis chi square menunjukkan bahwa variabel kelengkapan dan ketepatan informasi yang diberikan perawat ( p value 0,000), variabel perawat terampil dan professional (p value 0,019) ,variabel pasien merasa nyaman (p value 0,000) dan variabel pasien terhindar dari bahaya ( p value 0,000) memiliki hubungan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III RS Advent Medan. Sedangkan variabel penurunan kecemasan pasien (p value 0,066) dan perawat ramah dan empati (p value 0,085) tidak memiliki hubungan terhadap kepuasan pasien. Hasil analisis multivariat menunjukkan variabel pasien terhindar dari bahaya (p=0.009; Exp(B) 76.851) dan pasien merasa nyaman ( p=0.035; Exp(B) 15.308) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III Rumah Sakit Advent Medan. Kesimpulan bahwa diperlukan upaya untuk menekankan pelaksanaan keselamatan pasien sembari dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaannya dan diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan perawat dalam melakukan manajemen nyeri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Kesehatan RI (2008) Pedoman Indikator Mutu Pelayanan Klinik Keperawatan di Indonesia, Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI (2017) Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2016, Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Kementrian Kesehatan RI (2009) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Kementrian Kesehatan RI (2014) Permenkes No. 56 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Kementrian Kesehatan RI (2018) PMK no 4 Tahun 2018 Tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien, Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2016) Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ), Kementerian Pendidikan dan Budaya. Jakarta.

Layuk, E., Tamsah, H. and Kadir, I. (2017) ‘Pengaruh Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RS Labuang Baji Makassar’, Jurnal Mirai Management, 2(2), pp. 319–337.

Limbong, R. (2014) Pengaruh Mutu Layanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di RSUD Deli Serdang Tahun 2014, Tesis. Institut Kesehatan Helvetia Medan.

Manengkei, B. (2016) ‘Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSU GMIM Pancaran Kasih manado’, Journal Paradigma, 4(2), pp. 1–14.

Nursalam (2016) Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Prajani, A. H. (2015) ‘Evaluasi Pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) pada Instalasi Rawat Inap di RSUD DR.Moewardi Surakarta’, Electronic Theses and Dissertation Gadjah Mada University.

Rahmawati, R. and Mumaiyizah (2013) ‘Analisis Faktor Tingkat Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Keperawatan Pre dan Post Operasi’, Journal of Ners Community, 4(2), pp. 1–14.

Rosdahl, C. B. and Kowalski, M. T. (2017) Buku Ajar Keperawatan Dasar. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sitayani, J., Hamzah, A. and Amir, Y. (2014) ‘Hubungan Kepuasan dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pangkep’, Unhas Repository, pp. 1–11.

Tambunan, W. (2016) Pengukuran dan Peningkatan Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap VIP di Rumah Sakit Advent Bandung, Tesis. Universitas Pasundan.

Wira, I. A. D. (2014) Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di RSUD Wangaya Denpasar, Tesis. Universitas Udayana.

Wiranto, M., Nurhayani and Indar (2013) ‘Analisis Kepuasan Pasien Pada Instalasi Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Lanto Dg. Pasewang Kabupaten Janeponto’, e_journal Pascasarjana Unhas, pp. 1–12.

Zakaria, F. M. (2017) ‘Pengaruh kualitas pelayanan dan sasaran keselamatan pasien terhadap kepuasan pasien rumah sakit prima husada malang’, Jurnal Ilmu Manajemen Unisma, 2(2), pp. 107–98

Published
2019-06-28
How to Cite
Silalahi, J., Fitriani, A., & Megawati, M. (2019). ANALISIS MUTU PELAYANAN PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RUMAH SAKIT ADVENT MEDAN. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(1), 21-29. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i1.165