Komunikasi Keluarga Dan Pola Asuh Dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia 5 – 18 Tahun

  • Neila Sulung Universitas Fort De Kock Bukittinggi
  • Genta Sakti Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi
Keywords: pola asuh, komunikasi keluarga, kecerdasan emosional

Abstract

Kecerdasan emosional anak-anak sangat penting untuk perkembangan pribadi anak-anak secara menyeluruh. Perkembangan kecerdasan emosional. Adapun tujuan penelitian ini  adalah: melihat dampak komunikasi dalam keluarga dan pola asuh  orangtua terhadap kecerdasan emosional anak usia 5-18  Tahun. Metodologi penelitian dengan melakukan literature review dari beberapa artikel baik internasional maupun nasional yang dicari dengan mempergunakan google scholar dan sciencedirect, mengisihkan 72 artikel dengan kata kunci Pola asuh, komunikasi dalam keluarga dan kecedasan emosional. yang terdiri dari 36 internasional dan 36 jurnal nasional setelah dilakukan seleksi sesuai kata kunci yang dianalisis 18 artikel, yang terdiri dari 8 artikel internasional dan 10 artikel Nasional penelusuran dengan mempergunakan google scholar dan sciencedirect dengan desain penelitian kuantitatif dan kualitatif.  Hasil penelitian: Bahwa pola asuh dan komunikasi keluarga sangat berpengaruh terhadap kecerdasan emosional anak.  Kesimpulan: pola asuh demoktratis akan membentuk kecedasan yang positif dan pola komunikasi dengan keluarga yang sangat membantu kecerdasan emosional lebih menekan pada pada durasi waktu interaksi anak dan orang tua. Disarankan pada orang tua untuk memperhatikan pola asuh dan komunikasi keluraga untuk mendapat anak yang cerdas secara emosional

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbasi-asl, R., Naderi, H., & Akbari, A. (2017). Mediating Role of Emotional Intelligence Between Family Communication Patterns and Achievement Motivation Among High School Students. School Health, 4(3), 1–7. https://doi.org/10.5812/intjsh.41910.Research

Alavi, M., Mehrinezhad, S. A., Amini, M., Kaur, M., & Singh, P. (2017). Family functioning and trait emotional intelligence among youth. Health Psychology Open, 1(5), 1–5. https://doi.org/10.1177/2055102917748461

Alegre, A. (2014). Parenting Styles and Children ’ s Emotional. The Family Journal, (January 2011). https://doi.org/10.1177/1066480710387486

Amanda, D. S. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Pembentukan Kecerdasan Emosional Pada Remaja Di SMK Negeri 8 Jakarta Title. Universitas Pembagunan Nasional"Veteran" Jakarta.

Atoum, A. (2018). Emotional support and its relationship to Emotional intelligence. Advances in Social Sciences Research Journal, 5(1), 7–11. https://doi.org/10.14738/assrj.51.4095

Auliah, D. (2014). Studi Komparasi Kecerdasan Emosional Berdasarkan Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Usia Prasekolah Di TK Kuncup Mekar Tegalmulyo Yogyakarta. Stikes Aisyiyah Yogyakarta.

Ayi Teiri Nurtiani, C. M. (2018). Dampak Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Jasa Bunda Aceh Besar. Jurnal Buah Hati, 5(1), 14–20.

Biggart, L., Corr, P., Brien, M. O., & Cooper, N. (2010). Trait emotional intelligence and work – family conflict in fathers. Personality and Individual Differences, 48(8), 911–916. https://doi.org/10.1016/j.paid.2010.02.020

Chitra, A. (2020). Dynamics of family structureon emotional intelligence of dynamics of family structureon emotional. Novyi MIR Research Journal, 5(5), 105–115.

Cooper RK & Ayman Sawaf. 2005. Executive EQ: Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Dergisi, S. B. (2006). Emotional intelligence and family environment. Emotional Intelligence and Family Environmen, 16, 169–175.

Farrell, G. (2015). The Relationship Between Parenting Style and the Level of Emotional Intelligence in Preschool-Aged Children. Philadelphia College of Osteopathic Medicine [email protected]

Francisca Firina Titahati. (2019). Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 4 No 1 , Maret 2019 Pengaruh Konseling Trait And Factor Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi ( Emotional Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 4 No 1 , Maret 2019. Bimbingan Dan Konslng Indonesia, 4(1), 1–9.

Ġ, A. T., & Tulbure, C. (2014). The relation between the emotional intelligence of parents and children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 142, 592–596. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.671

Ghanimat, P., Koupahi, M., Partovian, S., & Pashaei, K. (2013). Analysis Of The Relationship Between Demographic Characteristics And Emotional Intelligence In Female Student ( Case Study : Islamic Azad University Of Tabriz ). Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, 2(5), 5–16.

Gugliandolo, M. C., Mavroveli, S., Costa, S., Cuzzocrea, F., & Larcan, R. (2019). The relative contribution of parenting practices in predicting trait emotional intelligence in an Italian adolescent sample. British Journal of Developmental Psychology, 37, 585–599. https://doi.org/10.1111/bjdp.12299

Hamdah, H. (2017). Pengaruh Keharmonisan Keluarga Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional (EQ) Siswa Kelas VIII MTsN Karangmojo II Magetan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Handayani, N., & Fauziah, N. (2016). Emosional Pada Guru Bersertifikasi Sekolah Menengah Atas Swasta Berakreditasi “ A ” Wilayah Semarang Barat. Jurnal Empati, 5(April), 408–412.

Hariyanti, N. M. S. dan D. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B Di PAUD Taman Bangsa Gegutuno Title. Jurnal Realita, 5(April), 967–971.

Khalifah. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Aud TK Muslimat NU 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 61–75.

Khamim Zarkasih Putro. (2015). Pengaruh Pola Asuh Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Khamim Zarkasih Putro. Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 97–108.

Krisdyawati, R. C. (2017). Pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap komunikasi. Mihammadiyah Malang.

Lekaviciene, R., & Antiniene, D. (2016). High emotional intelligence : family psychosocial factors. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 609–617. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.066

Lubis, S. A., Daulay, N., Ahmad, J., & Ali, R. (2020). Emosional Anak Dalam Keluarga Muslim Di Perkampungan Kodam I / BB Medan SunggaL Abstrak Pendahuluan Tujuan dari pendidikan paling utama adalah mengembangkan dan mencerdaskan kehidupan bangsa seutuhnya , yaitu manusia yang berpengetahuan dan sehat secara j. Jurnal Pendidikan Islam, 09(02), 573–582.

Luthfiyah Triyani, Tamsik Udin, H. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V DI MI AL-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. IJEE, 1(1).

Nisa, K., Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2021). Hubungan Pola Asuh Dengan Kecerdasan Emosional Anak Pada Usia 11-12 Tahun. Jurnal Educatio, 7(1), 55–63. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.830

Novi Eka Jayanti, S. M. J. S. (2019). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dan Kecerdasan Emosi Dengan Kecenderungan Perilaku Delinkuen Pada Siswa SMK Adi Luhur 2 Jakarta TIMURNO Title. Ikraith-Humaniora, 3(2), 46–51.

Olutope, A. E., C, A. B., & A, O. O. (2019). Parenting Style , Emotional Intelligence and Psychological Health of Nigerian Children. Asian Journal of Pediatric Research, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.9734/AJPR/2019/v2i230100

Osredkar, P. (2012). The Relationship Between Family Communication Patterns and an Individual ’ s Emotional Intelligence. FCP Emotional Intelligence, 1–32.

Paula, L., Montero-montero, D., & Moreno-ruiz, D. (2019). behavioral sciences The Role of Parental Communication and Emotional Intelligence in Child-to-Parent Violence. Behavioral Sciences, 9(148), 2–13.

Putri, W. (2013). Pola komunikasi orang tua tunggal dalam membentuk kecerdasan emosi remaja skripsi. Universitas Pembangunan Nasional.

S, J. R., & Kadhiravan, S. (2019). Influence Of Family Environment On Emotional Intelligence Among Youth. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(11), 3664–3670.

Sari, P. P., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170.

Segrin, C., & Flora, J. (2019). Fostering social and emotional intelligence : What are the best current strategies in parenting ? WILEY, 1–14. https://doi.org/10.1111/spc3.12439

Setyowati, Y. (2005). Pola Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak ( Studi Kasus Penerapan Pola Komunikasi Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Emosi Anak pada Keluarga Jawa ). Ilmu Komunikasi, 2(1), 67–78.

Sheydaei, M., Adibsereshki, N., & Movallali, G. (2015). Archive of SID The Effectiveness of Emotional Intelligence Training on Communication Skills in Students with Intellectual Disabilities Archive of SID. Iranian Rehabilitation Journal, 13(3), 7–13.

Sutriyani, A. (2015). Hubungan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi dengan konsep diri siswa kelas viii sekolah menengah pertama negeri 2 mlati di sinduadi mlati sleman tahun pelajaran 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta 2015.

Tułecka, M. S. M. (2020). Family Functioning and Life Satisfaction : The Mediatory Role of Emotional Intelligence. Psychology Research and Behavior Management, 13, 223–232.

Wang, Y., Li, Z., & Zhu, L. (2019). Emotional intelligence of 3- to 6-year-olds and parenting style : Peer communication ability as a mediator. Sosial Behavior and Personality, 47(12).

Yulia Fahmi. (2020). Pola Asuh Ibu Yang Menikah Diusia Muda Dalam Perkembangan Emosional Pada Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.

Yuniar, D., & Darmawati, I. (2015). Kecerdasan Emosional Remaja. Jurnal Keperawatan Komprehensi, 033(1), 9–17.

Published
2021-06-30
How to Cite
Sulung, N., & Sakti, G. (2021). Komunikasi Keluarga Dan Pola Asuh Dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia 5 – 18 Tahun. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 8(1), 1-11. https://doi.org/10.33653/jkp.v8i1.614