Academic Burnout pada Proses Pembelajaran Daring

  • Rima Novianti Program Studi Sarjana Keperawatan, STIKes Horizon
Keywords: Academic Burnout, Cynism, Exhaustion, Professional Efficacy

Abstract

Academic burnout mengacu pada stress dan faktor psikologis karena proses pembelajaran sehingga menunjukan keadaan kelelahan emosional, kecenderungan untuk depersonalisasi dan perasaan prestasi yang rendah. Sindrom ini dapat mempengaruhi kompetensi mahasiswa dan perubahan fisik dan mental. Tujuan Penelitian ini untuk diketahuinya academic burnout pada pembelajaran daring. Jenis penelitian ini menggunakan cross sectional, populasi pada penelitian adalah mahasiswa STIKes Horizon yang telah melakukan proses pembelajaran daring selama1 tahun akademik, pengambilan sample menggunakan Snowball Sampling dan Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 276 responden. Instrumen penelitian yang digunakan academic burnout dengan melihat nilai exhaustion, Cynicism dan professional efficacy. Korelasi exhaustion dengan Cynicism menunjukkan hubungan yang sangat lemah dan arah hubungan bernilai positif (R= 0.680), korelasi exhaustion dengan professional efficacy menunjukkan hubungan kuat dan arah hubungan bernilai negative (R= -0.244), korelasi Cynicismdengan professional efficacy menunjukkan hubungan kuat dan arah hubungan negative (R= -0.311), dapat disimpulkan bahwa dimensi exhaustion, Cynicism dan professional efficacy saling mempengaruhi pada academic burnout, hal ini diperkuat dengan ditemukan data mayoritas mahasiswa merasa lelah 155 (56.2%), memiliki perasaan sinis 137 (49.6%) dan merasa tidak kompeten dengan proses pembelajaran 140 (50.7%). Saran, Untuk meningkatkan efek positif dan mencegah insiden academic burnout di kalangan mahasiswa, dianjurkan untuk melakukan perubahan strategi pembelajaran dan berinovatif, Penelitian ini dapat juga menjadi dasar bagi pengelola untuk dapat melakukan perubahan strategi pembelajaran yang inovatif pada saat pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriaenssens, J., Gucht, V. De, & Maes, S. (2015). Determinants and prevalence of burnout in emergency nurses: a systematic review of 25 years of research. International Journal Of Nursing Studies, 52(2), 649-661. https://doi.org/doi: 10.1016/j.ijnurstu.2014.11.004

Alfarizi, T. (2021). 5 M Dimasa Pandemi Covid 19 di Indonesia. PADK Kementrian Kesehatan. http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2021/02/01/46/5-m-dimasa-pandemi-covid-19-di-indonesia.html

Arlinkasari, F. (2020). Alat Ukur Academic Burnout. https://www.researchgate.net/publication/340581755

Bikar, S., Marziyeh, A., & Pourghaz, A. (2018). Affective Structures among Students and its Relationship with Academic Burnout with Emphasis on Gender. International Journal of Instruction, 11(1), 183–194.

Ferri, P., Guerra, E., Marcheselli, L., Cunico, L., & Lorenzo, R. Di. (2015). Empathy And Burnout: An Analytic Cross-Sectional Study Among Nurses And Nursing Students. Acta Bio-Medica: Atenei Parmensis, 86(2), 104–115. https://mattioli1885journals.com/index.php/actabiomedica/article/download/4792/3529

Galdino, M. J. Q., Almeida, L. P. B. M. de, Silva, L. F. R. da, Cremer, E., Scholze, A. R., Martins, J. T., & Haddad, M. do C. F. L. (2020). Burnout Among Nursing Students: A Mixed Method Study. Investigacion Y Educacion En Enfermeria, 38(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17533/udea.iee.v38n1e07

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Corona Viru Disease 2019. URNAL RESPIROLOGI INDONESIA, 40(2), 119–129.

Jackson, E. R., Shanafelt, T. D., Hasan, O., Satele, D. V, & Dyrbye, L. N. (2016). Burnout And Alcohol Abuse/Dependence Among U.S. Medical Students. Acad Med, 91(9), 1251–1256. https://doi.org/doi: 10.1097/ACM.0000000000001138

Kementrian Pendidikan dan Budaya. (2020). Perkuliahan Dapat Dilakukan Tatap Muka dan Dalam Jaringan. Biro Kerjasama & Hubungan Masyarakat Kemdikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/12/perkuliahan-dapat-dilakukan-secara-tatap-muka-dan-dalam-jaringan-tahun-2021

Maslach, C., & Leiter, M. (2016). Understanding The Burnout Experience: recent research and its implications for psychiatry. World Psychiatry, 15(2), 103-11. https://doi.org/doi: 10.1002/wps.20311

Paro, H. B. M. S., SIlviera, P. S. P., Perotta, B., Gannam, S., Enns, S. C., Giaxia, R. R. B., Bonito, R. F., Martins, M. A., & Tempski, P. Z. (2019). Empathy Among Medical Students: Is There A Relation With Quality Of Life And Burnout? PLoS One, 9(4). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0094133

Tomaschewski-Barlem, J. G., Lunardi, V. L., Lunardi, G. L., Barlem, E. L. D., Silveria, R. S. da, & Vidal, D. A. S. (2014). Burnout Syndrome Among Undergraduate Nursing Students In Public Universities. Revista Latino-Americana de Enfermagem, 22(6), 934–941. https://doi.org/10.1590/0104-1169.3254.2498

Valero-Chilleron, M. J., Gonzalez-Chorda, V. M., Lopez-Pena, N., Cervera-Gasch, A., Suarez-Alcazar, P., & Mena-Tudela, D. (2019). Burnout Syndrome In Nursing Students: An Observational Study. Nurse Education Today, 76, 38–43. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nedt.2019.01.014

Vinter, K., Aus, K., & Arro, G. (2020). Adolescent Girls’ And Boys’ Academic Burnout And Its Associations With Cognitive Emotion Regulation Strategies. Educational Psychology. https://doi.org/10.1080/01443410.2020.1855631

Wang, M., Guan, H., Li, Y., Xing, C., & Rui, B. (2019). Academic Burnout And Professional Self-Concept Of Nursing Students: A Cross-Sectional Study. Nurse Education Today, 77, 27–31. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nedt.2019.03.004

World Health Organization. (2021). Weekly epidemiological update - 5 January 2021. WHO COVID-19 Epidemiological Updates. https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20201012-weekly-epi-update-9.pdf

Published
2021-12-31
How to Cite
Novianti, R. (2021). Academic Burnout pada Proses Pembelajaran Daring. JURNAL KESEHATAN PERINTIS, 8(2), 128-133. https://doi.org/10.33653/jkp.v8i2.656