Author Guideline

PANJANG JUDUL MAKSIMAL 20 KATA, HURUF KAPITAL (Bahasa Indonesia, Times New Roman 12, cetak tebal)

PANJANG JUDUL MAKSIMAL 20 KATA, HURUF KAPITAL (Bahasa Inggris, Times New Roman 12, cetak miring, cetak tebal)


Nama Penulis 1 1 *, Penulis 2 2 , Penulis 3 3 , dan seterusnya

1 Nama Institusi, Alamat Institusi
2 Nama Institusi, Alamat Institusi
3 Nama Institusi, Alamat Institusi
*Corresponding e-mail

ABSTRAK (Times New Roman 11, huruf besar, cetak tebal)

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia, 1 spasi, dan tidak lebih dari 250 kata. Abstrak memuat pendahuluan, tujuan penelitian, metode, dan hasil penelitian.
Kata kunci: maksimal 5 kata kunci, dan dipisahkan dengan tanda koma

ABSTRACT (Times New Roman 11, huruf besar, cetak tebal)

Abstract ditulis dalam bahasa Inggris, 1 spasi dan tidak lebih dari 250 kata. Abstract memuat pendahuluan, tujuan penelitian, metode, dan hasil penelitian.
Keywords: maksimal 5 kata kunci, dan dipisahkan dengan tanda koma

PENDAHULUAN (Times New Roman 12, satu setengah spasi, cetak tebal) Pendahuluan mencakup latar belakang atas isu atau permasalahan serta urgensi dan rasionalisasi kegiatan (penelitian empiris atau kajian literatur). Tujuan kegiatan dan rencana pemecahan masalah disajikan dalam bagian ini. Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada) dimasukkan dalam bagian ini. (Times New Roman 12, satu setengah spasi).

METODE PENELITIAN (Times New
Roman 12, satu setengah spasi, cetak tebal)

Metode penelitian menjelaskan rancangan kegiatan, ruang lingkup atau obyek, bahan dan alat utama, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analisis. (Times New Roman 12, satu setengah spasi).

HASIL DAN PEMBAHASAN (Times New Roman 12, satu setengah spasi, cetak tebal)
Bagian ini menyajikan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan. (Times New Roman 12, satu setengah spasi).

KESIMPULAN DAN SARAN (Times New Roman 12, satu setengah spasi, cetak tebal)
Kesimpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan. Saran berkaitan dengan kesimpulan penelitian (Times New Roman 12, satu setengah spasi).

DAFTAR PUSTAKA
Penulisan naskah dan sitasi (Times New Roman 12, 1 spasi).
Contoh penulisan daftar pustaka:
1. Jurnal
Isyanto, A.Y., dan Dehen, Y.A. 2013. Measurement of Farm Level Efficiency of Beef Cattle Fattening in West Java Province, Indonesia. Journal of Economics and Sustainable Development 4(10): 100-104.
2. Buku
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
3. Prosiding
Sujaya, D.H. dan Sundari, R.S. 2017. Kajian Pola Saluran Pemasaran Tempe. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis I. Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Galuh. Ciamis. hal: 306-310.

Ketentuan mengenai referensi:
Manajemen referensi menggunakan aplikasi, misal Mendeley. Referensi yang digunakan dalam penulisan artikel jurnal minimal 80% adalah sumber primer berupa artikel jurnal penelitian 10 tahun terakhir.

Ketentuan lain:
Jumlah halaman artikel jurnal 10-25 halaman.