Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Dengan Kinerja Perawat Yang Dipersepsikan Oleh Perawat Pelaksana

  • Mera Delima STIKes Perintis Padang
  • Nofriadi Nofriadi STIKes Perintis Padang
  • Muhammad Idral STIKes Perintis Padang
Keywords: Gaya kepemimpinan, kepala ruangan, kinerja perawat, Leadership style, head of room, nurse performance

Abstract

Gaya kepemimpinan jika disederhanakan dapat dibedakan atas beberapa gaya kepemimpinan seperti gaya diktator , gaya autokratis, gaya demokrasi dan gaya santai. Masing-masing gaya kepemimpinan diatas memiliki kelebihan. Namun demikian komitmen dan dukungan pimpinan puncak dan stakeholder lainnya tetap menjadi kunci utama. Bertemunya persepsi yang sama antara dua komponen tersebut dalam menentukan sasaran dan tujuan, merupakan modal utama untuk meningkatkan kinerja dalam suatu organisasi. Tujuan diketahuinya Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Dengan  Kinerja Perawat Yang Di Persepsikan Oleh Perawat  Pelaksana di RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh Tahun 2020. Desain penelitian yang digunakan adalah studi korelasi, Penelitian ini menggunakan pendekatan Spearman Rank,Waktu Penelitian Penelitian ini dilakukan di RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh yang dilaksanakan pada bulan 15- 29 Januari 2020. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 75 orang responden dengan mengunakan teknik total sampling.Hasil Responden dengan Kinerja Perawat  kategori Baik adalah sebanyak 53 orang (70,7%) dari 75 orang responden,Responden mengatakan Gaya kepemimpinan Kepala Ruangan  kategori Demokratis adalah sebanyak 39  orang (52,1%) dari 75 orang responden. Kesimpulan ada hubungan antara Kinerja Perawat dengan Gaya kepemimpinan kepala Ruangan menurut persepsi Perawat ,nilai p_value=0,000 dan r=0,503 dengan hubungan keeratan kategori kuat saran agar dapat memberikan motivasi dan mengarahkan mahasiswa untuk membuka wawasan yang lebih luas, tidak hanya sekedar mendapatkan pengetahuan yang diberikan di bangku perkuliahan.

 

References

Diana L. Huber PhD,RN, FAAN, CNAA, B. (2014). Leadership & Nursing Care Management (Fifth Edit; YVonne Alexopoulos, Ed.). Printed in Cina: Jeff Patterson.
Djohan, B., & Indonesia, U. (2013). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan perawat di unit gawat darurat rumah sakit haji jakarta.
dr. Maryono, M. K. (2004). Istilah-Istilah Dalam Kebijakan Dan Manajemen Kesehatan. By Penerbit Qiara Media.
Lynda Juall Carpenito. (1995). Diagnostics Infirmiers (5 edition). Canada.
Michael Armstrong. (2006). Performence Management (3rd, illustr ed.). Kogan Page, 2006.
Mujisari TriRahayu, Tavip Dwi Wahyuni, S. (2018). Hubunganantara Gaya Kepemimpinan Kepalaruangan Dengankinerja Perawat Pelaksanadi Rumah Sakit Islam Gondanglegikabupatenmalang. 3.
Notoatmodjo, D. S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. jakarta: Rineka Cipta.
Paat, S. T., & Robot, F. (2014). Hubungan antara gaya kepemimpinan dengan pendokumentasian asuhan keperawatan di instalasi rawat inap c rsup prof. Dr. R. D. Kandou manado.
Patricia A. Potter, A. G. P. (2007). Fundamental of Nursing Potter perry 2007.pdf (6th, illustr ed.). Elsevier - Health Sciences Division, 2007.
Prihantoro, A. Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui motivasi, disiplin, lingkungan kerja, dan komitmen. , (2019).
Prof. Sugiono. (2016). Metodologi Penelitian Kombinasi. Jakarta: Alfabeta.
Putra, Ik. A. P., & Subudi, M. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Pt Bpr Pedungan. 4(10), 3146–3171.
Ruky, D. A. S. (2006). Sistem Manajemen Kinerja (Ke empat,). Jakarta.
Ruth M. Tappen, Sally A. Weis, D. K. W. (2004). Essentials of Nursing Leadership & Management (3rd, Illustr ed.). F.A.Davis, 2004.
Siswanto, L. M. H., Tutik, R., & Hariyati, S. (2013). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelengkapan Pendahuluan Metode. 16(2), 77–84.
Published
2020-06-29
How to Cite
Delima, M., Nofriadi, N., & Idral, M. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Dengan Kinerja Perawat Yang Dipersepsikan Oleh Perawat Pelaksana. PROSIDING SEMINAR KESEHATAN PERINTIS, 3(1), 19. Retrieved from https://jurnal.upertis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/550

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2