Tingkat Kecemasan dan Pola Tidur Pasien Kanker Payudara yang sedang menjalani Kemoterapi

  • Def Primal STIKes Perintis Padang
  • Muhammad Arif STIKes Perintis Padang
  • Susi Putri Dewi STIKes Perintis Padang
Keywords: kanker payudara, kemoterapi, pola tidur, tingkat kecemasan, breast cancer, chemotherapy, sleep patterns, anxiety level

Abstract

Kanker payudara adalah penyebab kematian nomor dua di semua jenis kanker yang terjadi pada wanita. Kanker payudara adalah kanker paling umum pada wanita, yang menyerang lebih dari 1,5 juta wanita setiap tahun. Salah satu pengobatan untuk kanker payudara adalah dengan menjalani kemoterapi di mana pasien akan mengalami masalah psikologis, yaitu kecemasan sehingga menyebabkan gangguan pola tidur pada pasien tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dan pola tidur pasien kanker payudara yang melakukan kemoterapi. Metode: Metode penelitian dengan desain cross sectional. Sampel adalah 55 responden kanker payudara yang menjalani kemoterapi di RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittingi dengan teknik accidental sampling. Data diolah menggunakan uji chi square. Hasil: Analisis univariat menemukan bahwa responden kanker payudara yang menjalani kemoterapi mengalami kecemasan sedang sebanyak (60%) dan pola tidur yang buruk (63,6%). Hasil tes bivariat menemukan ada hubungan antara tingkat kecemasan dengan pola tidur (Pvalue = 0,004 (p> 0,1) dan (OR = 5,365) Kesimpulan dan saran: Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan tingkat kecemasan dengan pola tidur pada kanker payudara. pasien yang melakukan kemoterapi, diharapkan petugas kesehatan akan meningkatkan kemampuan identifikasi tingkat kecemasan dan gangguan dalam pola tidur, terutama pada pasien kanker payudara yang melakukan kemoterapi.

Kata kunci: kanker payudara, kemoterapi, pola tidur, tingkat kecemasan

References

Adamsen, L., Quist, M., Andersen, C., Møller, T., Herrstedt, J., Kronborg, D., ... & Rørth, M. (2009). Effect of a multimodal high intensity exercise intervention in cancer patients undergoing chemotherapy: randomised controlled trial. Bmj, 339.
Alifiyanti, D., Hermayanti, Y., & Setyorini, D. (2017). Kualitas Tidur Pasien Kanker Payudara Berdasarkan Terapi yang Diberikan di RSUP DR. Hasan Sadikin Bandung. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 3(2), 115. https://doi.org/10.17509/jpki.v3i2.9418
Bintang, Y. A. (2012). Gambaran Tongkat Kecemasan, Stress, dan Depresi Pada Pasien Kanker yang Menjalani Kemoterapi Di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung. Students e-Journal Unpad.
Garcia, D., Spruill, L. S., Irshad, A., Wood, J., Kepecs, D., & Klauber-DeMore, N. (2018). The value of a second opinion for breast cancer patients referred to a National Cancer Institute (NCI)-designated cancer center with a multidisciplinary breast tumor board. Annals of surgical oncology, 25(10), 2953-2957.
Handayani, & Udani, G. (2016). Kualitas tidur dan distress pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi. Jurnal Keperawatan, XII(1), 66–72.
Hartati, A. S. (2017). Konsep Diri dan Kecemasan Wanita kanker Payudara di Poli Bedah Onkologi RSUP Haji Adam Malik Medan.
Mohammed, S., Padala, A. K., Dar, B. A., Singh, B., Sreedhar, B., Vishwakarma, R. A., & Bharate, S. B. (2012). Recyclable clay supported Cu (II) catalyzed tandem one-pot synthesis of 1-aryl-1, 2, 3-triazoles. Tetrahedron, 68(39), 8156-8162.
Pratiwi, S. R., Widianti, E., & Solehati, T. (2017). Gambaran Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kecemasan Pasien Kanker Payudara dalam Menjalani Kemoterapi. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 3(2), 167. https://doi.org/10.17509/jpki.v3i2.9422
Purwantari, A., & Haryani, S. K. (2013). Perbedaan kualitas tidur sebelum dan selama kemoterapi pada pasien kanker di rsup dr. Sardjito yogyakarta (Doctoral dissertation, [Yogyakarta]: Universitas Gadjah Mada).
Saraswati, S. H. (2009). Hubungan antara kecemasan pada penderita kanker yang mendapat kemoterapi dengan konsep diri. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 1(1).
Smeltzer, S. C., Bare, B. G., Hinkle, J. L., Cheever, K. H., Townsend, M. C., & Gould, B. (2008). Brunner and Suddarth’s textbook of medicalsurgical nursing 10th edition. Philadelphia: Lipincott Williams & Wilkins.
Spielberger, C. D. (2010). State‐Trait anxiety inventory. The Corsini encyclopedia of psychology, 1-1.
Tarwoto & Wartonah. (2010). Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Wardhani, D. I. (2012). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Pasien Kanker Payudara yang Menjalani Kemoterapi di RSUD Al-Ihsan Kab. Bandung yang Telah Menerapkan Spiritual Care. Bandung: Universitas Padjadjaran.
Published
2020-06-29
How to Cite
Primal, D., Arif, M., & Dewi, S. (2020). Tingkat Kecemasan dan Pola Tidur Pasien Kanker Payudara yang sedang menjalani Kemoterapi. PROSIDING SEMINAR KESEHATAN PERINTIS, 3(1), 143. Retrieved from https://jurnal.upertis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/580

Most read articles by the same author(s)