Kadar Hemoglobin (Hb) Pada Pekerja Tambang Emas

  • Marisa Marisa Program Studi Teknologi Laboratorium Medik, FIKES, Universitas Perintis Indonesia
  • Ali Asmul Program Studi Teknologi Laboratorium Medik, FIKES, Universitas Perintis Indonesia
  • Rinda Lestari Program Studi Teknologi Laboratorium Medik, FIKES, Universitas Perintis Indonesia
Keywords: Kadar Hb, penambang, merkuri, Hb levels, miners, mercury

Abstract

Masyarakat di Desa Air Gemuruh Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai penambang emas. Aktivitas penambangan tersebut menggunakan merkuri yang tak terhitung sedikit atau banyaknya.Merkuri (Hg) adalah salah satu jenis logam berat yang biasa digunakan untuk pengolahan emas pada aktivitas penambangan emas.Pemakaian merkuri ini dapat menimbulkan bahaya yang signifikan terhadap tubuh manusia terutama dapat terganggunya sistem hemoglobin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran kadar hemoglobin pada pekerja tambang emas di Desa Air Gemuruh Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo Provinsi Jambi tahun 2020. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Metodologi Penelitian deskriptif eksperimental yaitu pendekatan Cross Sectional dengan cara mengukur kadar hemoglobin yang langsung terhadap sampel kemudian mengolah data secara deskriptif.   Sampel dalam penelitian ini diambil dari darah penambang/pekerja tambang emas sebanyak 30 orang, diperiksa menggunakan alat POCT  dari bulan Februari – Juli 2020. Dari hasil penelitian didapatkan rata-rata kadar hemoglobin 10.82 gr/dl. Distribusi frekuensi berdasarkan umur penambang berkisar 20-40 tahun sebanyak  76,6% dengan mempunyai masa kerja > 1 tahun (83%) , dan lama kerja dalam sehari > 6 jam (86,6%). Dan yang tidak menggunakan APD Sebanyak 100%.

References

Adiwijayanti, B. R. (2015). Hubungan Karakterisik Individu Terhadap Kadar Timbal Dalam Darah Dan Dampaknya Pada Kadar Hemoglobin Pekerja Percetakan Di Kawasan Megamall Ciputat Tahun 2015 Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Almatsier, Sunita, dkk. (2011). Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Arvin. Kliegman Behrman. 2012. Nelson Ilmu Keperawatan Anak ed. 15, alih bahasa Indonesia, A. Samik Wahab.Jakarta : EGC.
Apriliani, Indah Nur. (2014). Hitung Jumlah Eritrosit Pada Pekerja Penambang Batu Kapur di Tegal.Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang.
Desmawati.2013. Sistem Hematologi dan Imunologi.Edited by D.Juliastuti.Jakarta : Penerbit In Media.
D’Hiru. 2013. Live Blood Analysts Setetes Darah Anda Dapat Mengungkapkan Status Kesehatan Dan Penyakit Yang Mengancam Anda. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Estridge BH, Reynolds AP, Walters NJ. 2012. Basic Clinical Laboratory Techniques SixthEdition USA: Delmar Cengage Learning.
Gandasoebrata R. 2013. Penuntun Laboratorium Klinis. Jakarta. Dian Rakyat.
Issel Sacher, dkk. 2012. Prinsip-prinsip Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta: EGC.
Kiswari Rukman. (2014). Hematologi & Transfusi.Jakarta : Erlangga.
Published
2020-12-31
How to Cite
Marisa, M., Asmul, A., & Lestari, R. (2020). Kadar Hemoglobin (Hb) Pada Pekerja Tambang Emas. PROSIDING SEMINAR KESEHATAN PERINTIS, 3(2), 46-50. Retrieved from https://jurnal.upertis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/636