Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Tenaga Kesehatan Menggunakan Pendekatan Primordial

  • Delpa Delpa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial, Universitas Perintis Indonesia
Keywords: komunikasi kesehatan, pelayanan, primordial

Abstract

Salah satu peran dari tenaga medis adalah memberikan pelayanan kepada pasien. Meskipun tenaga medis telah memberikan bentuk pelayanan yang terbaik kepada pasien. Akan tetapi, pelayanan yang diberikan oleh tenaga medis tersebut tidak terlepas dari berbagai persepsi oleh pasien. Kajian dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M.Zein di Painan untuk menganalisa persepsi pasien terhadap pelayanan tenaga medis menggunakan perspektis primordial. Pelayanan tenaga medis berkaitan dengan pelayanan urusan antrian, pelayanan tenaga medis dalam masa rawatan dan pelayanan tenaga medis dalam pelunasan administrasi keluar rumah sakit. Metode kajian dibagikan kepada tiga bahagian. Pertama, teknik pengumpulan data menggunakan kaedah wawancara secara mendalam (interview In-Depth) terhadap informan kajian. Informan kajian berasal dari pasien yang dirawat di RSUD.M.Zein sebanyak 2 orang, petugas tenaga media sebanyak 2 orang dan 1 informan berasal dari petugas administrasi. Kedua, kaedah pemilihan informan kajian menggunakan kaedah snowball di mana informan kajian pertama akan memberikan informasi kepada peneliti terhadap informan kajian yang kedua dan seterusnya. Ketiga, teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif terhadap apa saja informasi atau data yang diperolehi dari hasil wawancara secara mendalam terhadap informan kajian tersebut. Hasil penelitian menunjukaan bahwa perbedaan latar belakang SDM pasien memberikan dampak terhadap persepsi pasien terhadap komunikasi dalam pelayanan kesehatan. Kajian ini menerangkan SDM yang rendah cenderung menghadapi kesalahfahaman dalam berkomunikasi dengan tenaga medis sehingga pesan yang disampaikan oleh petugas medis tidak efektif diterima oleh pasien dan keluarga sehingga muncul persepsi oleh pasien menilai bahwa tenaga medis memberikan pelayanan kepada pasien sarat dengan sikap promordial.

Published
2023-02-24
How to Cite
Delpa, D. (2023). Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Tenaga Kesehatan Menggunakan Pendekatan Primordial. PROSIDING SEMINAR KESEHATAN PERINTIS, 5(2), 35-41. Retrieved from https://jurnal.upertis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/921